Fitrah Seksualitas : Peran Ayah Bunda atasi Syndrom Cinderella, Peter Pan dan Cara Melindungi Anak dari Penyimpangan Seks

Membangkitkan Fitrah Seksualitas pada Anak

Review Presentasi Kelompok 2

Hari ke 2  , tanggal 6 Januari 2018

Apa itu Fitrah Seksualitas dan peran ayah bunda untuk membangkitkannya pada tiap fase
  1. Bagaimana Cara membangkitkan Fitrah Seksualitas pada anak-anak dengan SA-DA-RI
  2. Apa peran dan Fitrah Ayah Bunda yang harus ada untuk membersamai Fitrah Seksualitas anak
  3. Tantangan Gender yang sedang marak di dunia
  4. Apa yang menjadi perbedaan antara Gender dengan seks
  5. Tips bagi orangtua jika anak bertanya tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan
  6. Tips bagi orang tua saat mendampingi ananda menonton TV
  7. Tips bagi orang tua saat anak berpenampilan tidak sesuai gendernya
  8. Tips bagi orang tua saat anak pada kondisi tidak nyaman bersama orang lain selain orang tua


Apa itu Fitrah Seksualitas dan peran ayah bunda untuk membangkitkannya pada tiap fase. Kelompok 2 menjelaskan bahwa Fitrah Seksualitas adalah bagaimana seseorang berpikir, merasa dan bersikap sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati. Dan ada 4 fase untuk dapat membangkitkan Fitrah Seksualitas anak, yang mengharuskan tiap orangtua perlu membersamai anak-anak pada usia 0-2 tahun, 3-6 tahun, 7-10 tahun dan 11-14 tahun. Cara yang dipakai pada tiap fase inipun berbeda sesuai dengan umur anak-anak, dapat dilihat pada gambar berikut:

Bagaimana Cara membangkitkan Fitrah Seksualitas pada anak-anak dengan SA-DA-RI, maksudnya adalah dengan SAyangi anak-anak, DAmpingi anak-anak, dan tenangkan diRI. SAyangi adalah bagaimana orangtua keberadaannya hadir dalam pengasuhan anak-anak dan menjalankan perannya sebagai ayah dan bunda. DAmpingi anak adalah dengan aktif berkomunikasi sesuai dengan jenjang usianya. Bisa menenangkan diri. Tenangkan diRI adalah bagaimana ayah bunda bersikap ketika anak bertanya berkaitan dengan seks maupun jenis kelamin, bagaimana ayah bunda menghadapi sikap anak maupun temannya, namun tetap waspada atas segala perubahan sikap dari anak-anak.


Apa peran dan Fitrah Ayah Bunda yang harus ada untuk membersamai Fitrah Seksualitas anak. Fitrah Peran Ayah dan Bunda saling melengkapi untuk menumbuhkan fitrah seksualitas anak, seperti pada gambar berikut ini:


Tantangan Gender yang sedang marak di dunia diantaranya: PeterPan Syndrom, Cinderella Complex, LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender) dan Pelecehan Sexual.


Ada perbedaan antara Gender dengan seks. Gender adalah berbagai dimensi terkait jenis kelamin yang biasanya berhubungan dengan status sosial dan budaya. Sedangkan seks adalah dimensi terkait jenis kelamin secara biologi yang sudah merupakan kodrat dari Tuhan



Tips bagi orangtua jika anak bertanya tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan, ini sebuah momen yang tepat, sehingga orangtua bisa memberikan pendidikan seks pada anak, jadi sudah sepatutnya kita bersikap wajar dan jelaskan perbedaan antara pria dan wanita sesuai dengan pemahaman usia anak. Momen ini adalah momen yang berharga, karena anak lebih baik tahu informasi pendidikan seksual ini dari orangtuanya daripada ia tidak mendapatkan sama sekali, atau jika ia mendapatkan dari luar.



Tips bagi orang tua saat mendampingi ananda menonton TV, dimulai dengan menempatkan TV di tempat yang seluruh keluarga biasa berkumpul, sehingga anak tidak dibiasakan menonton sendiri. Saat anak tidak sengaja melihat adegan dewasa, maka dampingi anak lalu berkomunikasilah jelaskan yang perlu saja dan sederhana.


Tips bagi orang tua, saat mengetahui anak berpenampilan tidak sesuai gendernya.Mulailah dengan menata hati, bersabar, lalu tanyakan dulu mengapa ia melakukannya. Bicaralah baik-baik dengan anak tentang alasan ia memakainya dan berilah ia pengertian bahwa berpenampilan seperti itu tidak sesuai dengan nilai agama. Lalu ajaklah ia memilih pakaian yang sesuai dengan gendernya. Setelah itu anda bisa menasehatinya dengan cara bercerita tentang peran atauaktivitas yang mendukung peran jenis kelaminnya.


Tips bagi orang tua saat anak pada kondisi tidak nyaman bersama orang lain selain orang tua. Orangtua perlu memberitahu pada anak-anak untuk tidak bicara, tidak ngobrol dengan orang yang belum pernah ditemuinya. Berikan informasi bagian tubuh yang tidak boleh dipegang atau disentuh orang lain, yaitu sekitar mulut, leher, dada, kemaluan, pantat dan paha. Berikan pengetahuan cara menolak atau menyelamatkan diri dari orang yang meraba, memangku atau memaksa untuk mengikuti kemauan orang itu. Beritahu anak bila ada kejadian yang tidak membuatnya nyaman, ia harus menceritakannya pada orangtua. Dan saat anak mau bercerita tabahkan hati orangtua untuk tidak takut, tetap tenang saat mendengarkan, rekam baik-baik semua cerita anak, sebagai informasi yang berharga untuk pengambilan keputusan selanjutnya.


Berikut tanya jawab dan informasi tambahan yang bisa menjadi penjelasan dari presentasi di atas:

  • Pertanyaan pertama
    Bagaimana solusinya jika setelah menikah baru menyadari bahwa kita telah cinderela syndrome ?
    Jawab
    ● Harus ada keinginan dalam diri sendiri untuk berubah
    ● Lingkungan harus mendukung
    ● Jika diperlukan terapi, mengapa tidak?
    ● Minta pertolongan kepada Allah
  • Pertanyaan Kedua


Cara mendidik yg seperti apa utk menghindarkan anak-anak kelak dari Peterpan/cinderela syndrome?

Jawab:

pengasuhan orang tua yang menyebabkan anak memiliki jiwa peter pan &Cinderella?

● Ortu yang selalu melindungi

● Ortu yang membiarkan anak bermanja-manja secara berlebihan

● Ortu yang tidak membangun jiwa BMM (Berfikir-Memilih-Mengambil Keputusan)
  • Pertanyaa Ketiga

    Apakah seorang perempuan yang selalu perhitungan dengan resiko ( pertimbangan, setiap mau melangkah dipikir dulu resikonya, cenderung takut ) apakah termasuk Cinderella syndrome?
    Jawab:
    ciri-ciri yang disebutkan di atas cenderung  peter pan syndrome

  • Pertanyaan Keempat
    Melihat pada  video sentuhan boleh dan tidak boleh..
    Ini ada anak tetangga yg tiap sore kalo anak saya Safeea (2,5y) hbs mandi selalu dicium pipi bahkan pernah kena bibir..Nah bagaimana sikap saya seharusnya?
    Apa hal seperti itu harus di cegah ataukah dimaklumi krn masih anak anak ? anak tetangga tersebut sering mencium bibir anak saya. Mereka sebaya sekitar 2,5tahunan
Jawab:
Jika antar ortu dan anak tidak apa-apa, tapi klo cium bibir bkn anggota keluarga sepertinya dicegah saja, nanti kebablasan dengan teman, apalagi dg jenis kelamin yang lain.




  • Pertanyaan Kelima
    Bagaimana solusinya jika setelah menikah baru menyadari bahwa kita telah cinderela syndrome ?

    Jawab:
    ● Harus ada keinginan dalam diri sendiri untuk berubah
    ● Lingkungan harus mendukung
    ● Jika diperlukan terapi, mengapa tidak?
    ● Minta pertolongan kepada Allah



  • Pertanyaan keenam


Cara mendidik yg seperti apa utk menghindarkan anak anakku kelak dari Peterpan/cinderela syndrome?

Jawab:
Pengasuhan orang tua yang menyebabkan anak memiliki jiwa peter pan & Cinderella, karena itu hindari sikap berikut:
● Orangtua yang selalu melindungi
● Orangtua yang membiarkan anak bermanja-manja secara berlebihan
● Orangtua yang tidak membangun jiwa BMM (Berfikir-Memilih-Mengambil Keputusan)

Mengapa bisa demikian?
● Orangtua tidak siap menjadi Orangtua
● Orangtua yang kehidupannya dahulu sangat susah, sehingga kini memiliki ’dendam positif’
ingin memanjakan anak dengan berbagai kemudahan
● Ayah – Ibu dengan pengasuhan bertentangan. Ayah mau A, Ibu mau B. Tidak pernah
kompak, sehingga anak menjadi bingung.
● Orangtua yang lama sekali baru dikaruniai seorang anak.


  • Pertanyaan ketujuh

Bagaimana dengan pola pikir anak laki2 yang seperti perempuan misalnya lebih mengedepankan perasaan...halus...lembut hatinya...apakah masih wajar?apakah anak laki2 ini memang termasuk anak yg sensitif saja?bagaimana batasannya?
Jawab:
Pada prinsipnya Ayah berperan memberikan Suplai Maskulinitas dan Ibu berperan memberikan Suplai Femininitas secara seimbang. Anak lelaki memerlukan 75% suplai maskulinitas dan 25% suplai feminitas. Anak perempuan memerlukan suplai femininitas 75% dan suplai maskulinitas 25%.

Saat ini, banyak sekali pasangan muda yang belum lama menikah akhirnya bercerai.
Fenomena seperti itu kian meningkat. Padahal waktu mereka berpacaran, sepertinya tidak ada masalah. Namun setelah memasuki dunia pernikahan banyak hal yang mereka temui, bahkan mungkin hal-hal sepele, yang menjadi pemicu keretakan dalam rumah tangga. Ternyata pada saat ”penjajakan”, masing-masing dari mereka tidak sempat mengenali pasangannya dari sudut pandang pengasuhan. Mereka tidak menyadari bahwa di dalam diri pasangan atau diri mereka sendiri, terdapat jiwa-jiwa peter pan dan cinderella.

  • Apa itu Sindrom Peter Pan?
    Peter Pan adalah seorang tokoh dalam cerita anak-anak yang ditulis JM Barrie (1860-1937),
    seorang sastrawan dari Skotlandia. Peter Pan digambarkan sebagai karakter bocah lelaki nakal yang bisa terbang dan secara magis menolak menjadi dewasa.
    Watak Peter Pan yang serba kekanak-kanakan ini oleh Dan Kiley (1983) dijadikan sebuah “penyakit” psikologis, yang disebut sindrom Peter Pan. Sindrom Peter Pan ditujukan untuk orang dewasa yang secara sosial tidak menunjukkan kematangan. Sindrom ini lazim diderita kaum lelaki yang secara psikologis, seksual, dan sosial menunjukkan perilaku yang keluar dari pengasuhan.


Sindrom tersebut memakai nama Peter Pan, karena memang Peter Pan ‘menolak’ menjadi dewasa karena tak mau kehilangan masa kanak kanaknya. Karena itu sangat sesuai untuk menggambarkan laki-laki dewasa yang masih bersifat kekanak-kanakkan.

Apa ciri-ciri orang yang mengalami sindrom Peter Pan ?
● tidak sudi / cenderung tidak bertanggung jawab
● suka melawan
● sulit berkomitmen
● manja
● tidak suka bekerja keras
● pemarah (mudah marah jika keinginannya tak terpenuhi), suka mengamuk
● cinta diri sendiri secara berlebihan (narsis)
● mengalami ketergantungan pada orang lain / dependency (bahkan hingga hal-hal yang kecil)
● senang memanipulasi (manipulativeness), jago ‘bicara’ untuk membuktikan bahwa dia yang benar
● memiliki keyakinan yang melampaui hukum-hukum dan norma masyarakat.
● enggan untuk hidup sendiri dan selalu merasa sendiri (??)
● tidak berani mengambil keputusan dan menanggung resiko
● mudah sakit hati
● tidak bisa menerima kritikan
● kurang percaya diri
● menolak berhubungan dengan lawan jenis
● pemberontak

Salah satu penyebab munculnya sindrom ini adalah akibat pola asuh yang tidak sengaja salah semasa kanak kanak. Misalnya kalau anak melakukan kesalahan, orang tua selalu membelanya. Orang tua terlalu melindungi anaknya, selalu turun tangan dalam setiap masalah anaknya, terlalu menuruti permintaan anak. Akibatnya meski sudah dewasa tetap saja seperti anak anak. Hal ini bisa difahami, karena kepribadian seorang anak, 80% dipengaruhi oleh lingkungannya (lingkungan terdekat seorang anak adalah kedua orang tuanya), dan hanya 20% dipengaruhi oleh faktor keturunan (genetik).

Seorang laki-laki yang mengalami sindrom Peter Pan, sangat membutuhkan seorang istri yang bersifat seperti ibunya. Layaknya seorang ibu yang akan menyayangi, melindungi dan melayani anaknya. Jika ia tidak mendapatkan sosok istri yang seperti itu, ia akan sangat mudah untuk membanding-bandingkan istrinya, dan merasa istrinya tidak bisa mengurusinya sebagai suami, dan ia akan sering kali ‘pulang’ dan bermanja-manja kepada ibunya.

  • Apa itu Cinderella Compleks?
    Seperti yang telah kita ketahui, Cinderella mengambarkan tokoh dalam film kartun anak-anak, yang semasa kecilnya hidup bahagia bersama ayah dan ibunya. Namun menjelang remaja, kehidupannya berubah karena, ibu kandungnya meninggal dan ayahnya menikah dengan wanita lain. Setelah ayahnya menikah, kehidupan Cinderella menjadi sangat tidak bahagia.
    Karena ibu dan 2 saudara tirinya itu sangat membenci Cinderella. Kehidupan cinderella menjadi sangat pahit, menyebabkan ia merindukan sosok lelaki seperti ayahnya yang akan melindungi dan menyayangi dirinya.


Istilah sindrom Cinderella Complex menggambarkan sebuah ketakutan tersembunyi pada perempuan untuk mandiri. Karena yang ada dalam pikiran mereka adalah keinginan untuk selalu diselamatkan, dilindungi, dan tentunya disayangi oleh “sang pangeran”.
Dalam keseharian, “penyakit psikologis” ini biasa disebut dengan Syndrom Umur 20, Syndrom Umur 21, Syndrom Umur 22, Syndrom Umur 23, dan seterusnya sepanjang si perempuan itu addicted dengan khayalan akan bertemu dengan pangeran impiannya sebagaimana yang terjadi di dalam dongeng Cinderella.

Seorang wanita yang mengalami Cinderalla compleks, sangat membutuhkan seorang suami yang bersifat seperti ayahnya, yang dewasa, mengayomi, dan selalu melindungi.

Anda-kah orang tua yang menumbuhkan jiwa peter pan & cinderella pada jiwa anak?

Seperti apa pola pengasuhan orang tua yang menyebabkan anak memiliki jiwa peter pan & Cinderella?
● Ortu yang selalu melindungi
● Ortu yang membiarkan anak bermanja-manja secara berlebihan
● Ortu yang tidak membangun jiwa BMM (Berfikir-Memilih-Mengambil Keputusan)
Mengapa bisa demikian?
● Ortu tidak siap menjadi ortu
● Ortu yang kehidupannya dahulu sangat susah, sehingga kini memiliki ’dendam positif’ ingin memanjakan anak dengan berbagai kemudahan
● Ayah – Ibu dengan pengasuhan bertentangan. Ayah mau A, Ibu mau B. Tidak pernah kompak, sehingga anak menjadi bingung.
● Ortu yang lama sekali baru dikaruniai seorang anak.



Jika sudah terlanjur, harus bagaimana?
● Laki-laki yang mengalami sindrom peter pan tidak akan mengalami kesulitan dalam
pernikahannya, jika mendapatkan istri dengan karakter keibuan.
● Begitu pula sebaliknya, bagi sang ’cinderella’ yang mendapatkan suami dengan karakter ke’ayah’an yang kuat.
● Untuk istri-istri yang jadi ibu bagi peter pan harus memahami mengapa suaminya
bersifat kekanak-kanakan, harus mau berkorban dan ‘tega’ untuk membentuk kembali jiwa kemandiriannya.
● Untuk suami-suami yang jadi ayah bagi Cinderella juga harus memahami mengapa ia bersikap seperti itu dan ajak bicara secara baik-baik.

Bagaimana menghilangkan ‘penyakit psikologis’ tersebut?
● Harus ada keinginan dalam diri sendiri untuk berubah
● Lingkungan harus mendukung
● Jika diperlukan terapi, mengapa tidak?
● Minta pertolongan kepada Allah


Pesan ibu Elly Risman- [Dearparents[at]yahoogroups.com]
Anak-anak kita….kelak akan tumbuh menjadi orang dewasa yang akan memasuki dunia pernikahan dan memiliki kehidupan rumah tangga sendiri. Pengasuhan kita kepada mereka
sangat berpengaruh bagi perkembangan jiwa-jiwa mereka. Apakah anak lelaki kita akan tumbuh menjadi orang dewasa dengan jiwa yang kekanak-kanakan ? Apakah anak perempuan kita akan tumbuh menjadi orang yang merindukan ‘pangeran’ ? ​Semuanya tergantung pada pengasuhan kita. Jika kita merindukan anak-anak kita kelak tumbuh menjadi orang yang dewasa sesungguhnya, maka marilah kita buat pengasuhan dalam rumah-rumah kita menjadi lebih baik…


#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitasAnak
#Parenting
#Pengetahuan
#Seks
#AyahBunda
#OrangTua
#Anak
#EllyRisman
#Fitrah Seksualitas
Pereview: IKA NURMAYA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Selam (Salam)

Makna Jadilah Dirimu Sendiri ( Sebuah catatan dari Konferensi Institut Ibu Profesional Di Yogyakarta tgl 17-19 Agustus 2019)

resensi buku resensi novel : Burlian