Review tugas: Mendongeng untuk Anak

ALIRAN RASA  
Grab Your Imagination


Surabaya, 20 Desember 2017
Bismillahirrahmaannirrahiim…. dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan penyayang..
Alunan dan arti ayat pembuka Alquran begitu indah…
Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam Al Qur'an banyak sekali kisah cerita penuh makna. Seperti membaca ratusan cerita yang saling mengisi dan terkait…  Padahal tiap cerita di dalam Alquran adalah berbeda tokoh, waktu dan latar, namun hikmahnya begitu mendalam…. seperti pada Tugas level 10 kuliah bunda sayang kali ini, saya menemukan sesuatu rasa...indah bagai bunga yang sedang mekar, bagai kupu-kupu yang baru saja keluar dari kepompongnya

Pada level 10 ini saya menemukan kloning diri saya pada anak-anak saya. Saya memang bukan penulis yg hebat, tapi saya sangat cerewet dalam bertutur dan sangat bisa detil dalam menggambarkan sesuatu dalam bertutur. Rupanya hal ini menurun ke anak-anak saya, Aydin maupun Salman sangat mudah bertutur dan mengekspresikan cerita.

Mereka bahkan bisa mengganti2 suara dan ekspresi, juga gaya action saat menggambarkan tokoh yg mereka ceritakan. Subhanallah...dengan tugas ini saya menemukan lagi bakat mereka… ALHAMDULILLAH.

Mungkin karena sejak bayi mereka telah memperhatikan cara saya bertutur cerita, baik dengan mengubah suara, mimik wajah maupun gerakan tubuh. Mereka juga mampu menjawab dan menemukan jawaban dengan menggunakan metode why, when, what, who, whom,whose, where, how, how much, how many.

Dengan cara memberikan pertanyaan2 itu, ternyata lebih mengeksplorasi cerita yg mereka ceritakan, mereka dapat lebih memperjelas siapa tokohnya, apa perannya, apa manfaatnya, mengapa harus di tempat itu dll, sehingga mereka berpikir dan sampai pada suatu kesimpulan bahwa semua cerita/ dongeng bahkan sebuah foto atau gambar bisa mempunyai makna dan membawa pesan bagi pemirsa/ pendengarnya, juga bagi mereka sendiri yg menuturkannnya.

Saya rasa anak2 mendapat manfaat dari tugas ini, berupa melatih struktur berpikir mereka, sehingga konsep suatu benda/peristiwa maupun eksistensi suatu benda/peristiwa itu bisa dijelaskan. Keberadaan sesuatu (benda) maupun peristiwa dapat dijelaskan dengan metode cerita ini.

Dalam level grab your imagination ini, baik saya maupun anak2  menemukan bahwa imajinasi tumbuh karena banyaknya kita melakukan sesuatu yg mirip dg apa yg kita ceritakan, sehingga kita bisa memaknai lebih dalam suatu cerita.

Kami menemukan semakin sering kita melihat pemandangan, gaya berbagai orang, buku yang kita baca, segala sesuatu yg pernah kita lihat ternyata sangat membantu kita dalam menggambarkan sesuatu yg kita ceritakan, dengan membentuk ekspresi wajah maupun gerak tubuh.

Kami menemukan bahwa dengan pengalaman mendengarkan berbagai cerita, alunan musik, suara angin, hujan, air mengalir, petir, topan, benda jatuh, suara orang bertengkar, suara pengorengan saat memasak, sungguh membuat cerita menjadi asyik, karena tak terasa mulut yg bertutur akan menirukan suara2 itu sesuai dengan setting apa yang sedang kita ceritakan, semua suara2 yang telah pernah kita dengar seakan direcall untuk kembali keluar melalui mulut saat kita bercerita.

Gambar atau foto ternyata juga bisa berbicara pada kita, ada banyak makna dari kisah dibalik foto. Apalagi jika foto itu memang bagian hidup dari sang penutur cerita, pendengar seakan di bawa masuk ke jaman dimana foto itu diambil, otak akan berupaya memunculkan imajinasi yg kira2 sejaman dengan foto itu. Penutur akan berupaya menggambarkan latar dan kisah sejarah dibalik gambar atau foto itu.

Baik penutur maupun pendengar seakan sama2 berusaha masuk melebur pada jaman yg sama dg kisah foto itu….empati akan muncul begitu imajinasi mulai bekerja, pendengar/ pemirsa akan ikut menangis maupun tertawa seiring dg cerita dari sang penutur..

Indahnya level ini, seakan juga menceritakan momen AHA my sweety baby Salman and Aydin, saat saya takjub melihat dan mendengar mereka mampu bertutur cerita, maupun menanggapi apa yg saya ceritakan pada mereka, bahkan emosi mereka juga keluar tanda bahwa mereka telah larut dalam cerita...

Ada momen2 lucu saat anak2 bercerita kisah yg mereka alami, karena mereka mempraktekkan gerakan dan menyuarakan saat bertengkar dengan temannya, maupun saat bergembira maupun momen sedih bersama teman2 nya. Saya rasa mereka berhasil mendapat makna dari cerita mereka sendiri.

Untuk ibu2 yg anaknya sekolah, saya rasa sepulang sekolah lihatlah wajah anakmu, sambutlah mereka, beri waktu sejenak dan mintalah ijin pada mereka jika anda mau mendengarkan cerita pengalaman mereka di sekolah… atau saat tidak bersama kita…

Lalu booom anda melihat dan mendengar momen AHA mereka, juga momen AHA anda sendiri… anda akan terpesona oleh ceritanya, ambil sebanyak2 nya informasi, namun jangan terkesan seperti menginterogasi jadikan anda teman terbaiknya disaat berbagi suka dan duka…, anda akan merasakan manfaatnya kala ia sdh remaja….

Terima kasih Institut Ibu Profesional, dari level 10 dalam kuliah bunda sayang ini saya menemukan beberapa bakat dari anak saya, hingga sampai pada momen anak saya bisa mengambil kesimpulan dan makna dari sebuah cerita.

LET'S DO IT GRAB YOUR IMAGINATION GET AHA



#AliranRasa

#Level10

#KuliahBunsayIIP

#GrabYourImagination
#Parenting
#Mendongeng
#Dongeng anak
#Cerita
#IbuProfesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Selam (Salam)

Makna Jadilah Dirimu Sendiri ( Sebuah catatan dari Konferensi Institut Ibu Profesional Di Yogyakarta tgl 17-19 Agustus 2019)

resensi buku resensi novel : Burlian